Begini Cara Mengatasi Anak Susah Makan

By | July 9, 2019
Anak susah makan

Masalah anak susah makan merupakan hal yang paling sering dimiliki oleh orang tua. Susah sekali menentukan makanan yang akan dibuat di rumah. Jika tidak sesuai dengan selera sang anak, makanan tersebut tidak akan anak Anda makan, disentuh pun tidak.

Masalah susah makan ini tentu membuat Anda resah dan cemas. Anak Anda akan sering merasa kelaparan karena susah makan. Hal ini pun akan mempengaruhi masa tumbuh kembang anak karena gizi yang tidak tercukupi.

Berbagai hal sudah Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah ini. Anda sudah membiarkan anak Anda makan sambil menonton kartun kesukaannya. Bahkan Anda pun sudah mencoba untuk menyuapinya. Namun, si kecil tetap tidak mau makan apa pun, kecuali yang sesuai dengan selera dan keinginannya.

Berdasarkan pernyataan seorang dokter anak di harian  Huffington Post, masalah anak susah makan merupakan salah satu cara seorang anak dalam menunjukkan kemandirian dirinya. Ia menunjukkan kemandiriannya tersebut melalui sikap diri yang menentukan sendiri apa yang ia inginkan dan kapan waktunya yang dia inginkan untuk melakukan sesuatu. Termasuk di dalamnya masalah makan.

Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir berlebihan terhadap masalah ini, selama tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan dengan baik dan sesuai. Untuk mengurangi keresahan Anda terhadap masalah anak susah makan, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

Buat waktu makan menjadi menyenangkan dan hindarilah pertengkaran.

Mungkin Anda sering merasa kesal ketika harus menghadapi anak Anda yang susah makan. Namun, jangan sampai Anda kehilangan kesabaran dan jadi memaksanya untuk makan. Memaksa anak makan dapat memberikan dampak yang buruk bagi hubungan Anda dan anak Anda.

Baca Juga :  Do’s and Don’ts Menggunakan Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi Baru Lahir

Ketahuilah apa saja yang anak Anda makan di luar waktu makan

Anda tidak bersama dengan anak Anda 24 jam. Ada waktu ketika ia berada di sekolah atau sedang bermain dengan teman-temannya. Saat di waktu-waktu tersebut, mungkin anak Anda jajan atau mengonsumsi makanan yang diterima dari temannya. Tanyakanlah kepada orang-orang yang ada di sekitar anak Anda apa saja yang anak Anda makan ketika sedang tak bersama Anda.

Anak yang susah makan biasanya cenderung lebih memilih-milih makanan dan hanya makanan yang sesuai seleranya yang ia makan. Buatlah daftar dari pertanyaan Anda ke orang-orang tersebut tentang apa saja yang anak Anda makan.

Ketika si kecil susah makan, bukan berarti ia kelaparan. Daftar ayan sudah Anda buat juga dapat Anda jadikan pilihan menu makanan yang dapat Anda buat nantinya.

Persiapkan camilan yang mengandung karbohidrat

Persiapkan camilan yang mengandung karbohidrat seperti keju, kacang-kacangan, atau buah-buahan. Camilan yang mengandung karbohidrat dapat membantu memenuhi asupan kalori yang dibutuhkan oleh anak Anda.

Buatlah menu yang berbeda setiap hari

Cobalah buat menu makanan yang bervariasi di rumah. Anak tentu akan merasa bosan ketika ia diberi makanan itu-itu saja. Rasa bosan tersebut dapat memunculkan rasa malas untuk makan, dan akhirnya dapat membuat anak Anda jadi susah makan.

Buatlah kreasi menu yang unik dan lucu. Masukkan juga makanan favorit anak ke dalam menu makanannya. Anda juga dapat mengajak anak untuk membuat makanan bersama-sama.

Gunakan taktik untuk membuat anak Anda makan

Anak biasanya senang untuk melakukan hal yang berkebalikan dengan apa yang diperintahkan oleh orang tua. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan taktik melarang si kecil makan. Mungkin Anda akan terkejut melihat anak Anda justru malah makan sendiri tanpa disuruh terlebih dahulu.

Baca Juga :  Pentingnya Menerapkan Jam HP Anak

Itulah beberapa tips yang mungkin dapat Anda terapkan untuk menangani masalah anak yang susah makan. Ingat, jangan jadikan masalah susah makan alasan yang membuat Anda memaksa si kecil untuk makan. Anda mungkin khawatir masalah tersebut dapat mengganggu tumbuh kembang buah hati Anda. Namun, banyak cara-cara yang unik dan menyenangkan untuk memastikan tumbuh kembang anak Anda berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *