Cara Mengatasi Masuk Angin pada Bayi

By | May 22, 2019
cara mengatasi masuk angin pada bayi

Setiap bayi perlu mendapatkan perhatian yang ekstra masalah kesehatan. Hal ini karena berbeda dengan manusia dewasa, organ tubuh bayi masih belum berkembang sempurna sehingga fungsinya pun belum optimal. Akibatnya bayi yang masih kecil memiliki daya tahan yang belum begitu kuat dan masih mudah untuk terserang penyakit. Salah satu penyakit yang bisa menyerang bayi adalah masuk angin. Masuk angin pada bayi ini bisa terjadi karena banyak faktor. Sebagai orang tua Anda wajib tahu apa saja pemicunya dan bagaimana cara mengatasi masuk angin pada bayi.

Tentang Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi dan Faktor Penyebabnya

Kondisi cuaca dan kesalahan dalam menangani bayi bisa menjadi penyebab terjadinya masuk angin pada bayi yang masih kecil. Berikut ini beberapa faktor penyebab yang perlu diwaspadai:

  • Memandikan bayi terlalu lama
  • Membawa bayi keluar ruangan di cuaca yang kurang kondusif
  • Meletakkan bayi di lantai terlalu lama
  • Kesalahan posisi menyusui

Apabila bayi mengalami masuk angin maka biasanya bayi akan menjadi lebih rewel karena merasa kurang nyaman. Bayi yang masuk angin bisa ditandai dengan beberapa hal, diantaranya:

  • Perut kembung pada bayi

Banyaknya gas di dalam perut bayi menyebabkan perut menjadi kembung dan terasa lebih keras ketika disentuh. Perut kembung ini jiika tidak segera diatasi bisa membuat bayi merasa mual bahkan memicu untuk muntah.

  • Sering bersendawa atau buang angin

Adanya gas di dalam tubuh bayi bisa membuat bayi menjadi lebih sering bersendawa untuk mengeluarkan angin ataupun dengan cara mengeluarkannya lewat bawah alias kentut.

  • Demam

Masuk angin pada bayi bisa menyebabkan suhu tubuh bayi meningkat atau disebut juga sebagai demam. Orang tua perlu waspada jika terjadi peningkatan suhu secara tiba-tiba pada bayi karena peningkatan suhu yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan kejang pada bayi.

  • Diare
Baca Juga :  Cara Mengetahui Hamil atau Tidak dan Tanda Kehamilan

Masuk angin juga ternyata bisa mengganggu sistem pencernaan bayi. Akibatnya bayi bisa terserang diare yang membuat penyerapan makanan di dalam tubuh menjadi kurang maksimal.

  • Batuk dan pilek

Batuk pilek sebenarnya adalah perkembangan lebih lanjut dari masuk angin yang tidak tertangani dengan baik. Daya tahan tubuh yang menurun membuat bayi mudah terserang batuk pilek.

  • Gelisah

Ketika bayi terus menerus gelisah, rewel dan tidak tenang bisa jadi ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuhnya. Bayi yang belum mampu menyampaikan apa yang dirasa akan menunjukkan rasa tidak nyaman ini dengan cara rewel.

Ketika bayi masuk angin ada beberapa cara mengatasi masuk angin pada bayiyang bisa dilakukan berikut ini:

  • Pijat dengan menggunakan minyak telon

Memijat tubuh bayi dengan pelan juga bisa membantu mengeluarkan angin yang ada di dalam tubuh bayi. Pemijatan ini bisa dilakuakn dalam posisi bayi terngkurap. Pemijatan bisa dilakukan menggunakan minyak telon yang hangat untuk membuat bayi merasa nyaman.

  • Memicu bayi untuk bersendawa

Sendawa bisa membantu mengeluarkan angin yang ada di alam lambung sebagai penyebab perut kembung. Membantu bayi untuk bersendawa bisa dilakuakn dengan menggendong bayi dengan posisi tegak di atas bahu sambil menepuk punggungnya secara perlahan

  • Menjauhkan bayi dari lingkungan yang kurang sesuai untuk kondisinya

Jika Anda menggunakan pendingin udara maka sebaiknya matikan dulu sampai kondisi anak sudah lebih baik. Penggunaan pendingin udara seperti AC atau kipas angin yang mengenai tubuh bayi bisa membuat kondisinya justru semakin buruk.

Biasanya gejala yang paling mudah terlihat dan dirasakan adalah perut kembung. Perut kembung pada bayi bisa diatasi dengan beberapa cara yang bisa ditengok . Menangani bayi yang masuk angin memang harus ada ilmunya serta dilakukan dengan hati-hati.

Baca Juga :  Tips Memilih Sikat Gigi Bayi 1 Tahun untuk Supermom

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *