Gendongan Bayi Samping Alternatif Gendongan Punggung

By | December 22, 2018
gendongan bayi samping

Gendongan bayi samping telah populer sejak dahulu, tersedia dalam berbagai desain, bahan, ukuran, dan harga. Gendongan bayi samping merupakan pilihan paling banyak para orang tua, karena bayi mendapatkan posisi paling aman dan nyaman dengan merasa di peluk, bahkan untuk orang tua yang menggunakan nya, gendongan bayi samping membuat beban punggung dan tangan terasa lebih ringan. Gendongan ini memiliki kelebihan yang juga bisa melindungi bayi pada saat menyusu, hanya dengan menarik kain penutup. Ketika membawa gendongan ini pun lebih mudah, hanya tinggal di lipat, dab bisa di masukkan ke dalam tas. Penggunaannya juga lebih mudah, hanya tinggal mengalungkan nya saja.

Gendongan bayi samping ini dulu biasanya menggunakan selembar kain sarung yang panjang, hanya masing-masing ujungnya diikat simpul kuat, namun seiring perkembangan jaman gendongan bayi samping menggunakan bahan yang elastis dan lembut, penggunaan nya pun lebih simpel hanya tinggal mengalungkannya saja. Kekurangan pada gendongan samping yaitu, bahu akan mudah pegal jika posisi gendongan tidak di pindah sesekali, karena gendongan bayi damping ini hanya di topang pada salah satu bahu saja dan pada saat penggunaannya juga harus memperhatikan posisi badan bayi. Selalu usahakan untuk sambil menahan kepala dan kaki bayi menggunakan tangan.

Gendongan bayi samping ini ada 2 jenis, yaitu:

a.     Pouch sling, gendongan jenis ini menggunakan selembar kain yang masing-masing ujungnya dudah dijahit, sehingga memudahkan pemakaian, tinggal dikalungkan saja. Kekurangan dari pouch sling ini bunda harus memilih yang benar-benar pas ukurannya untuk bayi dan yang menggendong, karena banyak yang dijual di pasaran tidak memiliki pengaturan untuk memanjang atau memendekkan kainnya.

b.    Ring sling, secara penggunaan pouch sling dan ring sling hampir sama, hanya saja ring sling lebih ribet pemakaiannya, karena masing-masing ujung kain tidak dijahit seperti pada pouch sling, salah satu sisi ring sling menggunakan cincin yang biasanya terbuat dari besi, lalu salah satu sisi disimpulkan pada cincin dengan kuat, kelebihan ringsling dibandingkan pouch sling yaitu bisa diatur kekencangan pada saat menggendong bayi.

Baca Juga :  Referensi Model Gendongan Bayi Baru Lahir dan Cara Menggunakannya

Harga gendongan bayi samping

Saat ini di pasaran gendongan bayi samping sudah banyak di jual, dengan berbagai macam pilihan desain, bahan, maupun harga. Kenyamanan dan kualitas bahan menjadi salah satu hal yang menjadi prioritas dalam memilih gendongan bayi samping, namun harga juga menjadi pertimbangan bagi para ibu dalam membeli gendongan bayi samping ini.

Dalam hal harga, biasanya semua tergantung dari bahan, desain, dan kualitas kain yang digunakan. Kisaran harga dari gendongan bayi samping ini biasanya berkisar antara Rp. 65.000 hingga Rp. 150.000, yang mana semua di sesuaikan dari, bahan, ukuran, motif, maupun desain.

Cara memakai gendongan bayi samping

Penggunaan gendongan bayi samping memang lebih mudah di bandingkan gendongan jenis lainnya yang beredar di pasaran. Namun, bunda juga tetap harus memperhatikan posisi bayi yang benar, agar bayi merasa nyaman menggunakan nya dan tidak mengalami cedera apapun. Berikut cara memakai gendongan bayi samping:

a.     Letakkan gendongan pada salah satu punggung (bisa pilih punggung kanan atau kiri sesuai dengan kenyamanan bunda).

b.    Pastikan posisi ring berada pada dada bunda.

c.     Tarik sisi gendongan lainnya, lalu masukkan pada ring pertama dari bawah, tarik sesuai keinginan lalu masukkan lagi kebawah melewati ring yang kedua(tarik lagi sesuai keinginan), setelah itu simpulkan kuat agar bayi aman.

gendongan bayi samping

d.    Cara memasukkan bayi dengan memposisikan bayi seperti memeluk, lalu masukkan kaki dari atas dan turunkan perlahan sambil di pegang pada bagian bawah nya, kemudian tarik kain pada bagian kepala pastikan tubuh bayi terbungkus semua, lalu atur hingga bayi benar-benar merasa nyaman. Atau bisa juga sebelum bunda mengikat kain pada ring, bunda terlebih dulu memposisikan bayi di gendongan tangan lalu meletakkan kain dari bawah hingga membungkus tubuh bayi kemudian baru di ikat pada ring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *