Do’s and Don’ts Menggunakan Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi Baru Lahir

By | March 27, 2019
Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi Baru Lahir
Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi Baru Lahir

Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi Baru Lahir

Moms, musim liburan sebentar lagi tiba nih. Saatnya untuk kumpul keluarga besar yaah. Nah berhubung kumpul-kumpul keluarga ini seringkali membuat kita harus sedikit outing padahal usia si kecil masih sangat kecil. Terkadang moms jadi lack of guarding apalagi dari gigitan serangga dan nyamuk. Tahu-tahu si kecil rewel dan muncul bentol-bentol atau ruam merah kan. Pasti kalau sudah seperti itu moms sendiri jadi bingung bagaimana menenangkannya. Moms pada postingan kali ini mimin masih ingin membahas mengenai boleh ga sih baby new born itu menggunakan produk seperti lotion anti nyamuk? Kalau boleh ada ga sih lotion anti nyamuk untuk bayi baru lahir?

Usia Berapa Bayi Boleh Menggunakan Lotion Anti Nyamuk?

Produk lotion anti nyamuk yang ditawarkans sekarang sangat beragam. Mulai dari produk yang menghilangkan rasa gatal atau hanya menghindari gigitan juga ada. Tapi, jika merujuk pada Pusat Pengendalian Penyakit Amerika dan Badan Perlindungan Lingkungan, sebaiknya si kecil minimal sudah berusia dua bulan. Baru boleh menggunakan produk-produk anti nyamuk oles khususnya.

Kalau si kecil sudah berusia >3 tahun moms boleh lebih bebas memilih produk anti nyamuk. Yah, usia segitu juga si kecil jadi jauh lebih aktif. Walaupun masih bermain dan dalam pengawasan, tapi momsbisa lebih ekstra hati-hati dengan melindungi si kecil menggunakan lotion anti nyamuk.Moms, kalau memiliki bayi baru lahir sebaiknya hindari penggunaan-penggunaan produk lotion anti nyamuk ini ya. Karena kulit bayi baru lahir masih sangat sensitive dan khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan pada si kecil.

Produk Lotion Anti Nyamuk Khusus untuk Bayi

Dilihat di internet, bertanya ke dokter anak kemudian mencari di apotek pasti moms bisa mendapatkan banyak rekomendasi produk lotion anti nyamuk ini. Tetapi, bukan brand yang harus dicari ya moms. Pastikan produk anti nyamuk yang dipilih untuk si kecil bebas DEET. Pilih produk yang mengandung 100% bahan alami.

Baca Juga :  Rekomendasi Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Menyusui

Ada juga beberapa produsen lotion anti nyamuk ini yang membuat produknya benar-benar aman bahkan tidak bermasalah kalau sampai tertelan. Tapi ingat, seaman apapun produk lotion anti nyamuk dibuat tujuannya bukan untuk dimakan ya moms.

Tips Menggunakan Lotion Anti Nyamuk Pada Bayi

Selain kita harus berhati-hati ketika memilih produk lotion anti nyamuk yang akan digunakan. Moms juga harus memperhatikan penggunaan dari lotion anti nyamuk. Apa saja sih do and don’t dari penggunaan lotion anti nyamuk ini?

Hanya gunakan produk pada bagian tubuh yang terbuka

Untuk moms yang sering beraktifitas di luar atau dalam rumah bersama si kecil dan memberikan lotion anti nyamuk, pastikan untuk mengoles hanya pada anggota tubuh yang terbuka. Jangan sampai berlebihan menggunakan lotion hingga ke bagian tubuh yang tertutup padahal hal tersebut tidak diperlukan.

Perhatikan untuk tidak mengoleskan pada bagian tubuh jika ada iritasi

Ini yang sering terlewat. Kadang ketika buru-buru lupa untuk melihat apakah masih ada iritasi bekas garukan atau iritasi karena hal lainnya pada tubuh si kecil. Jangan sampai moms kurang teliti dan mengoleskan produk pada kulit si kecil yang terkena iritasi dan menyebabkan infeksi ya moms.

Bilas menggunakan air setiap 8 jam sekali

Karena rata-rata waktu aktivitas selama di luar atau jam tidur kurang lebih selama 8 jam. Pastikan setelah selesai beraktivitas untuk membilas seluruh anggota tubuh yang diolesi dengan lotion. Jangan dibiarkan terus-terusan menempel pada tubuh. Apalagi sebelum makan ya moms, pastikan sudah tidak ada sisa lotion pada tangan si kecil.

Tidak membiarkan si kecil mengoleskan sendiri

Moms, harus tetap mengawasi bagaimana si kecil menggunakan lotion anti nyamuk. Usahakan untuk menumpahkan produk pada tangan moms secukupnya baru kemudian dioleskan ke si kecil. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penggunaan yang berlebihan.

Baca Juga :  Pentingnya Menerapkan Jam HP Anak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *