Rekomendasi Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Menyusui

By | April 10, 2019
manfaat daun katuk untuk ibu menyusui

Apa yang ibu makan, bayi juga akan menyerap nutrisinya. Sehingga, pada masa menyusui, makanan yang dikonsumsi ibu sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang bayi. Untuk itu, asupan nutrisi selama ibu menyusui harus diperhatikan.  Caranya adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat untuk ibu menyusui.

Ibu menyusui cenderung membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Jumlah kalori tambahan yang dibutuhkan per-harinya bahkan mencapai 500 kalori. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi produksi air susu ibu.

Untuk itu, ibu perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsinya. Nah, beberapa rekomendasi makanan sehat untuk ibu menyusui berikut ini bernutrisi tinggi, sehingga dapat memperlancar ASI:

  • Telur

Telur adalah sumber protein yang mudah didapatkan dan diolah. Mengonsumsi telur bisa menambah asam lemak essensial pada air susu ibu. Terutama jenis telur yang difortifikasi DHA. Cara mengonsumsinya bisa dengan direbus, di dadar, atau dijadikan orak-arik sebagai pelengkap menu sarapan.

  • Beras Cokelat

Makanan sehat untuk ibu menyusui yang selanjutnya adalah beras cokelat. Kandungan serat dan nutrisinya lebih banyak ketimbang jenis beras yang lain. Sehingga, ibu menyusui bisa merasa kenyang lebih lama. Kadar gula darah juga tidak akan naik drastis ketika mengonsumsinya.

  • Salmon

DHA adalah zat yang sangat baik untuk perkembangan sistem saraf bayi. Zat tersebut bisa dipenuhi dengan mengonsumsi ikan salmon. Tingkat DHA pada ASI tergantung dari makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu.

Manfaat lain dalam salmon ternyata cukup besar yaitu dapat mencegah depresi pasca melahirkan. Akan tetapi, sebaiknya batasi konsumsi ikan salmon hingga 12 ons setiap minggunya. Guna mengurangi risiko bayi terpapar merkuri.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah menu wajib makanan sehat untuk ibu menyusui. Selain dapat  meningkatkan produksi ASI, sayuran hijau juga kaya kalsium, vitamin C, antioksidan, serta zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Salah satu jenis sayuran yang direkomendasikan adalah daun katuk. Manfaat daun katuk untuk ibu menyusui sangat besar. Kandungan vitamin A yang tinggi pada daun katuk sangat baik untuk kesehatan bayi ataupun ibu menyusui. 

  • Buah-Buahan

Jenis buah yang sangat direkomendasikan pada ibu menyusui adalah kurma dan jeruk. Kurma yang memiliki rasa manis dan legit ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Kalsium di dalamnya juga dapat mendorong produksi ASI.

Sementara jeruk dapat menambah energi pada ibu menyusui karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Sebaiknya konsumsi jus jeruk dengan fortifikasi kalsium sebagai makanan sehat untuk ibu menyusui. Untuk memenuhi kalsium pada ibu menyusui, Anda juga bisa menambahkan kacang almond di samping buah-buahan tersebut.

  • Susu

Jika ibu mengonsumsi kalsium dengan kadar yang tinggi, maka secara tidak langsung dapat membantu perkembangan tulang bayi. Nah, minuman yang menjadi sumber kalsium terbaik adalah susu.

Kandungan lain yang tidak kalah bermanfaat adalah protein, vitamin D, vitamin B dan protein. Sebaiknya minumlah minimal 3 cangkir susu per hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium ibu menyusui. Jika Anda tidak menyukai minuman manis ini, bisa diganti dengan yoghurt yang memiliki kandungan protein dan kalsium cukup tinggi.

Sudahkan Anda melengkapi menu harian dengan makanan-makanan tersebut? Tersebab makanan yang Anda konsumsi akan diserap pula oleh bayi, perhatikan betul-betul nutrisinya. Jangan sampai bayi Anda mengalami masalah pada tumbuh kembangnya karena kurang sehatnya makanan yang dikonsumsi ibu menyusui.

Baca Juga :  Do’s and Don’ts Menggunakan Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi Baru Lahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *